Kumpulan Berbagai Contoh Surat Permohonan Lengkap

Posted on

Surat permohonan digunakan oleh perseorangan, lembaga, perusahaan, maupun instansi pemerintah untuk membuat permohonan akan sebuah bantuan dan lain-lain. Surat permohonan yang ditulis atas nama lembaga, perusahaan dan instansi pemerintah merupakan surat permohonan resmi. Namun jika ditulis oleh perseorangan dapat tergolong ke dalam surat permohonan resmi maupun tidak resmi. Semua tergantung dalam isi dari surat permohonan tersebut. Informasi lengkap mengenai contoh surat permohonan.

Surat permohonan sendiri harus dibuat dengan singkat, padat, dan jelas agar pembaca dapat dengan mudah mencerna isi dari apa yang disampaikan di dalam surat permohonan tersebut. Jika surat tersebut merupakan surat resmi, maka tata cara penulisan surat resmi sangat diperlukan. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menggunakan bahasa baku berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan, serta harus menggunakan bahasa yang sopan. Lihat lebih lengkap mengenai contoh surat permohonan izin, dana, kerjasama yang baik dan benar, simak ya.

Penulisan Contoh Surat permohonan Yang Baik dan Benar

Cara penulisan surat permohonan yang baik dan benar sangat diperlukan untuk memberi kesan resmi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Kepala Surat

Pada bagian kepala surat, jika pemohon berasal dari suatu lembaga, perusahaan, dan instansi pemerintahan. Maka surat tersebut diberikan kop surat yang berisi nama lembaga, perusahaan atau instansi tersebut beserta alamat lengkap dan keterangan-keterangan lain. Namun jika pemohon berasal dari individu atau perseorangan, maka pada kepala surat dapat diisi judul dari surat permohonannya dibuat.

  1. Nomor, Lampiran, dan Perihal

Jika pemohon berasal dari suatu instansi resmi maupun lembaga kemasyarakatan. Nomor sangat diperlukan sebagai bentuk arsip beredarnya surat tersebut. Jika terdapat lampiran yang dilampirkan, maka isikan lampiran apa yang dilampirkan pada surat. Pada perihal, isikan sesuai dengan maksud surat permohonan tersebut dibuat, lebih khusus lagi agar pembaca dapat dengan mudah mengerti mengenai tujuan dan maksud dibuatnya surat tersebut.

  1. Identitas Pemohon

Jika surat permohonan tersebut merupakan surat yang mengatasnamakan pribadi, maka sertakan identitas dari pemohon. Sehingga pembaca mengetahui data mengenai pemohon. Identitas diisikan secara lengkap berdasarkan data yang sebenarnya. Nama lengkap, nama, alamat, jabatan, umur, dan lain-lain dapat diisi sesuai dengan data asli. Namun jika surat permohonan tersebut bukan mengatasnamakan pribadi maka tidak perlu adanya identitas pemohon.

  1. Isi Surat

Pada bagian isi surat merupakan bagian inti dari pembuatan surat. Dikarenakan pada isi surat permohonan dijelaskan maksud dan tujuan dari surat permohonan tersebut dibuat. Surat permohonan dapat berupa permohonan izin, permohonan cuti, permohonan kerjasama, permohonan sponsor, permohonan kehadiran, permohonan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, dan sebagainya.

  1. Penutup dan TAnda Tangan

Di dalam bagian ini merupakan sebuah kesimpulan dari surat tersebut yang mengharapkan bahwa surat permohonan dapat dikonfirmasikan. Sertakan tAnda tangan dan nama terang sebagai bukti sah surat permohonan tersebut dibuat. Pertanggungjawaban akan dilimpahkan kepada seorang yang menAndatangani dan memberikan nama terang disana mengenai dibuatnya surat permohonan tersebut.

Contoh Berbagai Surat Permohonan Lengkap

1). Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

2). Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

3). Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kuliah

Wassalamu’alaikumWr. Wb.

Makassar, 15 Februari 2

 

Hormat Saya,

 

Teddy Bear

 

4. Contoh Surat Permohonan Magang

 

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 2 KOTABARU
Jl.Raya Stagen Km.11,5 Desa Stagen RT.05 Kab.Kotabaru

Kotabaru, 15 Februari 2018

Nomor    :  421.5/  012  – MN  / SMKN 2 KTB / 2018
Lampiran : 2 Lembar
Hal          : Permohonan Praktik Kerja Industri

Kepada Yth.
Pimpinan Bengkel Bang Jun
di Kotabaru

Dengan Hormat,

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan RI No. 323 / U / 1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah Kejuruan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), SMK Negeri 2 Kotabaru mengadakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) tahun pelajaran 2016/2017. Kegiatan Praktik Kerja Industri, yang termasuk dalam model Pendidikan Sistem Ganda (Dual System Learning), akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, yaitu terhitung dari tanggal 19 Maret 2018 s.d 13 April 2018.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sangat mengharap partisipasi Bapak/Ibu/Saudara untuk ikut serta memperlancar agenda rutin SMK Negeri 2 Kotabaru tersebut dengan bersedia menerima peserta didik kami untuk melakukan praktik di perusahaan yang Bapak/Ibu/Saudara pimpin. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri tersebut sebanyak 102 siswa dan 36 siswi. Kami berharap Bapak/Ibu/Saudara dapat menerima beberapa orang siswa kami untuk melakukan praktik di perusahaan Bapak/Ibu/Saudara.

Kami juga melampirkan data siswa siswi kami yang ingin sekali melaksanakan Prakerin di perusahaan yang Bapak pimpin dan formulir surat balasan kesediaan menerima Prakerin.

Demikian surat ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Prakerin,

Abdul Malik

 

5. Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Jakarta, 14 Desember 2017

Nomor         :  01/PR/WW/III/2017
Lampiran     :  1 (Satu) Set
Perihal         :  Permohonan Rekanan

Kepada Yth,
Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja
Dan Transmigrasi Kota Adminitrasi
Jl. Raya Kahean No. 123 Jakarta

Dengan hormat,

Bersama ini kami berasal dari CV. MAJU JAYA yang mana kami hendak mengajukan permohonan Rekanan kepada Bapak / Ibu kiranya perusahaan kami sanggup dicatat dan dipakai sebagai salah satu partner / rekanan di lingkungan Kantor / Instansi yang Bapak / Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan information – information sebagai berikut :

Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak dan Nomor PKP
Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan
Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
Fotocopy Tanda Daftar Usaha Perdagangan (TDUP)
Fotocopy Daftar Rekanan
Surat Pengalaman Perusahaan
Dan Surat Izin lainnya

Adapun aktivitas – aktivitas yang sudah kami melakukan baik di instansi pemerintah maupun swasta diantaranya sebagai berikut :

Pengadaan Komputer dan sejenisnya
Pengadaan Percetakan Buku dan sejenisnya
Pengadaan Inventaris Kantor
Pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK)
Pengadaan Meubel

Demikian Permohonan ini kami ajukan kepada Bapak / Ibu dengan harapan semoga diterima hendaknya. Atas segala kebijaksanaan yang diberikan tidak lupa kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Abdul Malik

Begitulah ulasan lengkap yang baik dan benar mengenai contoh surat permohonan yang perlu diketahui. Buatlah surat permohonan dengan format penulisan resmi agar pembaca dapat menangkap keseriusan dari apa yang pemohon inginkan. Sekian artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga pembaca artikel ini dapat memahami dan mulai membuat surat permohonan sendiri. Jadikan artikel ini sebagai salah satu referensi Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *