Kumpulan Contoh Surat Perjanjian Yang Baik dan Benar

Posted on

Suatu perkara dapat diselesaikan dengan menggunakan suatu perjanjian, baik secara lisan maupun tulisan. Namun, perjanjian secara lisan tidak memiliki kekuatan yang kuat, maka perjanjian secara tertulis banyak digunakan oleh banyak orang untuk melakukan kesepakatan dengan berbagai syarat dan ketentuan yang disepakati bersama. Kami akan memberikan informasi lengkap mengenai contoh surat perjanjian.

Surat perjanjian yang sudah disepakati bersama harus ditaati, karena surat perjanjian tersebut merupakan bukti yang dapat digunakan untuk menuntut ketika salah satu pihak yang bersangkutan mengingkari perjanjian yang sudah disepakati. Dalam surat perjanjian biasanya melibatkan saksi. Dengan adanya saksi, surat perjanjian akan menjadi lebih kuat atas keterlibatannya. Baca lebih lengkapnya mengenai contoh surat perjanjian terbaru.

loading...

Penulisan Contoh Surat Perjanjian Yang Benar

Cara penulisan yang benar dalam surat perjanjian sangat menjamin untuk hasil yang diharapkan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Kepala Surat

Kepala surat digunakan untuk memperjelas atau memberi keterangan terhadap isi yang akan ditulis pada surat perjanjian. Surat perjanjian memiliki banyak macamnya, seperti: surat perjanjian jual beli tanah, surat perjanjian jual beli rumah, surat perjanjian hutang piutang, surat perjanjian pekerjaan, surat perjanjian meminjam uang, surat perjanjian sewa menyewa, dan lain-lain.

  1. Pelaku Perjanjian

Tentu identitas pelaku perjanjian sangat diperlukan untuk memperjelas siapa saja pihak-pihak yang bersangkutan dalam surat perjanjian tersebut. Keterangan nama, NIK, umur, pekerjaan, alamat dapat diisikan dengan benar sesuai kenyataan dan tidak dimanipulasi agar para pelaku perjanjian dapat sesuai antara identitas para pelaku yang tertera dengan orang yang dituju dan bukan orang yang berbeda.

  1. Pasal Perjanjian

Pada bagian penulisan pasal-pasal perjanjian merupakan salah satu hal yang paling penting dalam surat perjanjian. Dikarenakan pada tahap ini kedua belah pihak menentukan hak dan kewajiban yang disepakati bersama dan ditaati oleh para pelaku perjanjian. Di dalam pasal-pasal yang telah ditentukan tersebut memuat segala bentuk kesepakatan yang harus dan tidak untuk dilakukan oleh pelaku perjanjian.

  1. Tanda Tangan

Dibawah tempat dan tanggal pembuatan surat perjanjian, diberikan tanda tangan serta nama terang dari para pelaku perjanjian. Sebagai bentuk bahwa para pelaku perjanjian menyetujui segala bentuk syarat dan ketentuan dari surat perjanjian yang telah dibuat. Tanda tangan merupakan bukti persetujuan dari kedua belah pihak dan tanda tangan serta nama terang tersebut harus asli dan tidak dimanipulasi.

  1. Materai

Materai digunakan untuk memperkuat legalitas dari sebuah surat perjanjian. Sebenarnya tanpa adanya materai dalam surat perjanjian tetap sah. Akan tetapi jika ingin diajukan ke dalam pengadilan, maka surat perjanjian yang terdapat materai yang dapat diajukan. Untuk itu materai diperlukan agar surat perjanjian dapat memiliki tingkat keabsahan yang kuat dan terlihat resmi untuk kedua belah pihak.

  1. Saksi

Keberadaan saksi disini dapat diadakan atau ditiadakan. Namun jika diperlukan dari pihak lain selain pihak yang sedang dalam perkara, maka isikan beberapa saksi untuk memperkuat dari surat perjanjian tersebut. Karena jika terdapat salah satu pihak yang mempermasalahkan mengenai perjanjian yang sudah disepakati, maka saksi akan sangat diperlukan untuk memberi jalan tengah kepada kedua belah pihak.

Kumpulan Contoh Surat Perjanjian

1). Surat Perjanjian Kesepakatan

SURAT PERJANJIAN KESEPAKATAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Shelmy Nia
NIK : 08776434888
Pekerjaan : PNS

Untuk selanjutnya disebut dengan Pihak Pertama.

Nama : Adi Sanjay0
NIK : 097995323465789
Pekerjaan : Wirausaha

Untuk selanjutnya disebut dengan Pihak Kedua.

Dengan ini setuju dan saling sepakat untuk mengikatkan diri dalam Surat Kesepakatan Bersama ini yang terlebih dahulu menerangkan sebagai berikut.

  1. Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah resmi bercerai pada hari Rabu, 16 Mei 2018. Dan dari hasil pernikahan sebelum bercerai, kedua belah pihak memiliki anak bernama Andra Damian Fahlevi yang lahir pada 17 Mei 2017.
  2. Pihak Kedua sibuk bekerja, sering keluar kota dan jarang pulang ke rumah.
  3. Mengingat point ke tiga diatas, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyerahkan hak asuh anak kepada Pihak Pertama, menimbang usia anak yang masih balita dan masih sangat membutuhkan kasih sayang ibunya.
  4. Kedua belah pihak sepakat bahwa Pihak Kedua masih akan menafkahi dan membiayai sekolah serta keperluan lainnya untuk anak tersebut sampai anak tersebut mempunyai pekerjaan yang layak dengan memberikan uang Rp. 10.000.000 setiap bulannnya.

Demikian surat pernyataan kesepakatan bersama ini kami buat dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Tasikmalaya, 17 agustus 2018.

Pihak Pertama,

 

Shelmy Nia

Pihak Kedua,

 

Adi Sanjayo

2.) Contoh Surat Perjanjian Utang Piutang

SURAT PERJANJIAN UTANG PIUTANG

Pada hari ini Kamis, 17 Mei 2018, kami yang bertanda tangan di bawah ini setuju mengadakan Perjanjian Utang Piutang yaitu :

Nama ; Andi Sanjayo
Pekerjaan : Wirausaha
NIK : 0887643
Alamat ; Jl. Pertempuran No. 123, Jakarta

Untuk selanjutnya disebut Pihak Pertama

Nama ; Ahmad bobab
Pekerjaan : PNS
NIK : 5467889
Alamat ; Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta

Untuk selanjutnya disebut Pihak Kedua

Maka melalui surat perjanjian ini disetujui oleh Kedua Belah Pihak ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum di bawah ini:

  1. PIHAK PERTAMA telah menerima uang tunai sebesar Rp.200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) dari PIHAK KEDUA yang dimana uang tunai tersebut adalah hutang atau pinjaman.
  2. PIHAK PERTAMA bersedia memberikan barang jaminan yakni Surat Rumah, yang nilainya dianggap sama dengan uang pinjaman kepada PIHAK KEDUA.
  3. PIHAK PERTAMA berjanji akan melunasi uang pinjaman KEPADA PIHAK KEDUA dengan tenggang waktu selama 6 (Enam) bulan terhitung dari ditandatanganinya Surat Perjanjian ini.
  4. Apabila nantinya dikemudian hari ternyata PIHAK PERTAMA tidak dapat membayar hutang tersebut, maka PIHAK KEDUA memiliki hak penuh atas barang jaminan baik untuk dimiliki pribadi maupun untuk dijual kepada orang lain.
  5. Surat Perjanjian dibuat dan ditandatangani oleh Kedua Belah Pihak secara sadar dan tanpa tekanan dari Pihak manapun di Jakarta pada hari, tanggal dan bulan seperti tersebut di atas.

Demikianlah surat perjanjian utang-piutang ini dibuat bersama di depan saksi-saksi, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan untuk dijadikan sebagai pegangan hukum bagi masing-masing pihak.

Jakarta, 22 agustust 2018.

Pihak Pertama,

 

Anton Sanjaya.

Pihak Kedua,

 

Ahmad Bobab.

3). Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH

Yang bertanda tangan di  bawah ini :

Nama : Andi Sanjayo
Umur : 22 Tahun
Pekerjaan : Auditor
Alamat : Jl. Cikini No. 123, Jakarta Pusat

Untuk selanjutnya disebut pihak ke I (penjual).

Nama : Ahmad bobab
Umur : 27 Tahun
Pekerjaan ; PNS
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta

Untuk selanjutnya disebut pihak ke II (pembeli)

Pada tanggal 17 Mei 2018 pihak ke I. Telah menjual, lepas/mutlak sebidang tanah darat seluas 345 M2, berikut sebuah bangunan yang terletak diatas tanah tersebut kepada pihak ke II dengan harga tunai Rp. 44.000.000,- (empat puluh empat juta rupiah). Pembayaran dilakukan dihadapan saksi-saksi dengan tunai.

Bangunan terdiri dari :

  1. Ukuran panjang dan lebar : 135 M2
  2. Atap : Asbes
  3. Dinding : Tembok
  4. Lantai : Keramik

Maka, sejak tanggal 17 Mei 2018, Tanah bangunan tersebut di atas telah menjadi hak milik pihak ke II. Pada waktu pelaksanaan jual beli tanah tersebut baik pihak ke I (penjual) maupun pihak ke II (pembeli) juga saksi-saksi semuanya meyatakan satu sama lain dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani, dan segala sesuatu dengan itikad baik.

Demikian, setelah keterangan isi jual beli ini dimengerti oleh pihak ke I dan pihak ke II, juga saksi-saksi, maka ditanda tanganilah sebagai permulaan saat pemindahan hak milik pihak ke I kepada pihak ke II.

Jakarta, 08 agustus 2018.

Pihak Pertama,

 

Anton Sanjaya.

Pihak Kedua,

 

Ahmad Bobab.

4). Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Adi Sanjayo
NIK : 8976543
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Bandung

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama : Ahmad Bobab
NIK : 876543
Alamat : Jl. Kenangan No. 123, Bandung

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Pasal 1
Dalam surat perjanjian kerjasama ini Pihak Kedua Meminjam uang sebesarRp.40.000.000 ( Empat Puluh Juta Rupiah) Kepada Pihak Pertama untuk Usaha Pertanian berupa penjualan sayuran ke Pedagang Pasar dan Supermarket.

Pasal 2
Pihak Pertama memberikan keuntungan dari penjualan sebesar 2.5% atau Rp.1.200.000 (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) kepada Pihak Kedua selama 1 bulan.

Pasal 3
Apabila Pihak Pertama tidak dapat mengembalikan maka Uang Gaji atau Komisi di berikan kepada Pihak Kedua

Demikian surat Perjanjian ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan dengan itikad baik dan keiklasan tanpa paksaan dari pihak – pihak manapun.

Bandung, 17 Mei 2018.

Pihak Pertama,

 

Anton Sanjaya.

Pihak Kedua,

 

Ahmad Bobab

Begitulah ulasan lengkap mengenai kumpulan contoh surat perjanjian yang perlu diketahui. Jika sedang dalam perkara dengan orang lain dan diperlukan suatu kesepakatan hitam diatas putih. Maka surat perjanjian adalah solusinya. Semoga artikel diatas bermanfaat !

Lainnya :

contoh surat perjanjian ,surat perjanjian resmi ,conto surat perjanjian resmi ,contoh surat kesepakatan ,contoh surat perjanjian dua ,surat perjanjian ,surat perjanjian kedua belah pihak ,surat pernyataan menyatakan setuju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *