Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Menarik dan Resmi

Posted on

Perkembangan teknologi menjadi ciri khas di era modern seperti sekarang ini. Begitu pula dengan dunia pekerjaan yang semakin lama semakin maju. Kini Anda sebagai pelamar kerja tidak harus mengirimkan surat lamaran kerja secara langsung ke tempat tujuan maupun menggunakan jasa pos yang membutuhkan waktu cukup lama. Diera modern ini Anda juga bisa mengirim lamaran pekerjaan melalui layanan email. Penggunaan email ini membuat surat dapat sampai dengan cepat dan sampai tujuan dengan tepat. Namun banyak yang belum tahu contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk dikirim via email memang penting untuk diketahui. Oleh karena itu, sekarang ini banyak beredar contoh surat lamaran kerja via email, namun tidak semuanya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang benar. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang cukup berarti pada format pembuatan surat lamaran kerja baik yang dikirim secara langsung maupun via email. Walaupun demikian tentu Anda penasaran dengan bagaimana format surat lamaran kerja via email yang baik dan benar. Tak perlu berlama – lama lagi, berikut merupakan format yang bisa Anda jadikan acuan.

Format Penulisan Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

  1. Isilah Alamat Email Penerima Secara Lengkap dan Tepat

Hal paling penting dalam melamar pekerjaan via email adalah mengisi alamat email penerima dengan benar dan tepat. Pada bagian ini Anda harus memastikan alamat email telah sesuai. Jika diperlukan atau disarankan oleh perusahaan isikan juga alamat email pada kolom Cc.

Isilah Subject Sesuai dengan Posisi Anda Melamar Pekerjaan Yang paling sering terlewatkan saat melamar pekerjaan via email adalah mengisi kolom Subject. Pada kolom ini Anda harus mengisikan posisi yang Anda inginkan saat melamar pekerjaan. Namun, terkadang perusahaan juga memberikan aturan untuk mengisi kolom Subject dengan kode – kode tertentu. Saat mengisi sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Tuliskan Salam Pembuka

Salam pembuka juga penting dalam surat lamaran kerja yang dikirim via email, untuk itu Anda jangan sampai dilewatkan. Salam pembuka ini dimaksudkan sebagai penghormatan atau sapaan terhadap penerima atau pembaca surat yang Anda kirim via email.

  1. Tuliskan Isi Surat Secara Jelas

Surat lamaran pekerjaan yang dikirim via email harus memuat isian yang informatif. Pada umumnya bagian ini berisi informasi dari mana Anda mengetahui informasi dibukanya lowongan kerja, tujuan Anda melamar pekerjaan, data pribadi secara singkat, serta pengalaman atau kemampuan yang dimiliki untuk menunjang pekerjaan.

  1. Tuliskan Lampiran Berkas yang Disertakan

Saat mengirim surat lamaran kerja via email, Anda juga diwajibkan untuk melampirkan berkas – berkas pendukung. Berkas – berkas yang dilampirkan harus Anda tuliskan dalam isi surat, agar pemimpin atau penerima surat bisa mengetahui dokumen apa saja yang Anda sertakan.

  1. Tuliskan Nama Terang

Yang terakhir dan tidak kalah penting dari surat lamaran kerja yang dikirim via email adalah penulisan nama terang. Hal tersebut umum terlihat dalam berbagai contoh surat lamaran kerja via email. Adanya nama terang ini, menjadi informasi bahwa surat yang dikirim benar – benar dikirim oleh orang yang bersangkutan. Untuk menambah keresmian jika memungkinkan sertakan tanda tangan Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Dikirim Lewat Email

  1. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email Lulusan SMK

2. contoh surat lamaran kerja via email doc

 To : recruitment.hrd@rumahmode.co.id
Cc : president@rumahmode.co.id
Subject : Internal Fashion Designer (kode posisi)

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang ada pada website, bahwa Rumah Mode sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Internal Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : Agus Sudrajat
Alamat        : Jln. Bihbul, No. 08, Cimerak Pangandaran
TTL            : Pangandaran, 17 agustus 1945
Pendidikan : S1 Fashion and Art

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu kedalam bentuk attachment yang bisa di unduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lisa Mauli

Demikianlah ulasan lengkap mengenai contoh surat lamaran kerja via email yang menarik dan benar. Telitilah sebelum mengirim surat dan jangan lupa berdoa agar hasil terbaik selalu menyertai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *