Home / Contoh Surat / Kumpulan Contoh Surat Kuasa Yang Benar Terlengkap

Kumpulan Contoh Surat Kuasa Yang Benar Terlengkap

Surat kuasa merupakan salah satu surat resmi yang dikeluarkan oleh perorangan ataupun oleh lembaga, organisasi, perusahaan, dan instansi pemerintahan. Surat kuasa ditujukan sebagai bentuk bahwa pemberi kuasa melimpahkan pekerjaannya kepada penerima kuasa dikarenakan suatu hal. Pemberian surat kuasa tidaklah sembarangan, harus kepada seseorang atau instansi yang sudah dikenali agar tidak terjadi penyelewengan wewenang. Wewenang akan dilimpahkan oleh pemberi kuasa kepada penerima kuasa. Untuk lebih lengkapnya mengenai contoh surat kuasa.

Surat kuasa merupakan salah satu contoh penulisan dari surat resmi. Oleh karena itu, aturan penulisan perlu diperhatikan. Terdapat sedikit perbedaan antara surat kuasa yang dikeluarkan oleh perorangan dan surat kuasa yang dikeluarkan oleh lembaga, organisasi, perusahaan dan instansi pemerintahan. Bahasa yang baik dan sopan sangat dianjurkan dalam penulisan surat kuasa. Singkat, padat, dan jelas serta tidak bertele-tele juga merupakan salah satu aturan yang harus ada dalam pembuatan surat kuasa. Untuk lebih jelasnya mengenai Kumpulan Contoh Surat Kuasa Yang Benar Terlengkap.

Penulisan Contoh Surat Kuasa

Terdapat sedikit perbedaan antara surat kuasa perorangan dan surat kuasa instansi resmi. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

  1. Kop Surat

Kop surat digunakan jika surat kuasa tersebut dikeluarkan oleh suatu lembaga, organisasi, perusahaan atau instansi resmi lainnya. Dengan adanya nama instansi resmi, alamat lengkap dari instansi, serta keterangan-keterangan lain yang ada pada instansi tersebut agar memberi kesan resmi pada surat. Namun jika surat kuasa yang dikeluarkan oleh peorangan, tidak perlu adanya kop surat. Hanya saja judul dari surat kuasa tersebut.

  1. Nomor, Lampiran dan Perihal

Pada bagian ini merupakan salah satu bagian yang harus ada pada surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi resmi. Nomor surat yang keluar dan telah terarsip, lampiran jika terdapat dokumen yang terlampir, serta perihal dari surat kuasa tersebut. Tetapi jika surat kuasa yang dikeluarkan oleh perorangan tidak perlu diadakan pada bagian ini. Bagian ini biasanya terletak pada bagian bawah dari kop surat.

  1. Identitas Pemberi dan Penerima Surat Kuasa

Identitas pemberi dan penerima kuasa diisikan sesuai dengan data yang sebenarnya. Disikan secara lengkap dari nama, tempat tanggal lahir, umur, alamat, nama instansi, jabatan, nomor telepon, nomor induk keluarga, nomor kartu tAnda penduduk, dan lain-lain. Alasan diisikannya identitas secara lengkap dan sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu agar menghindari kesalahpahaman data dari pemberi kepada penerima kuasa.

  1. Isi Surat

Isi surat digunakan sebagai inti dari surat tersebut dibuat. Menjelaskan maksud dan tujuan dari surat kuasa yang telah dibuat. Pemberian pernyataan terhadap dilimpahkannya kuasa dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa. Tujuan diberikannya kuasa harus dijelaskan secara rinci mengenai apa saja yang dilimpahkan oleh pemberi kepada penerima kuasa agar tidak terjadi penyalahgunaan kuasa.

  1. Tanda Tangan dan Nama Terang

Tanda tangan dan nama terang tersebut diisikan oleh pemberi kuasa dan penerima kuasa yang berarti kedua belah pihak tersebut telah menyetujui ketentuan dan isi dari surat kuasa tersebut dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan. Tanda tangan tidak untuk dimanipulasi karena menghindari kejadian dikemudian hari yang tidak diinginkan. Jika perlu, bubuhkan materai atau cap dari instansi resmi sebagai bukti dari persetujuan kuasa.

Contoh Surat Kuasa Lengkap

1). Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Gaji

2). Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

3). Contoh Surat Kuasa Khusus Pengurusan IMB

4). Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan BPKB Motor

5). Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan Ijazah

6). Contoh Surat Kuasa Khusus Penanganan Tanah

Diatas merupakan ulasan singkat mengenai contoh surat kuasa yang kami bahas secara lengkap. Jika Anda sedang sibuk menjalankan tugas tetapi terdapat tugas lain atau undangan pada suatu kegiatan. Maka Anda dapat memberikan kuasa kepada seseorang yang ada percayai. Kehadiran surat kuasa sebagai bukti hitam diatas putih dari persetujuan tersebut.

Lainnya :

undangan tahlil

Check Also

Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pemerintah dan Trik Membuatnya Agar Menarik

Pekerjaan yang mapan dan menjanjikan tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang, dimana pekerjaan tersebut dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *