Kumpulan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap

Posted on

Sebagai karyawan tentu kita pernah berada dalam kondisi dimana kita tidak bisa masuk kerja, bisa karena sakit, bisa karena ada urusan diluar pekerjaan yang tidak bisa diwakilkan bahkan urusan – urusan lainnya yang bersifat pribadi. Oleh karena itu, Anda perlu membuat surat izin selama tidak masuk kerja. Apakah Anda tau seperti apa surat izin tidak masuk kerja itu? Jika tidak, Anda tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas contoh surat izin tidak masuk kerja yang pastinya penting untuk Anda ketahui.

Surat izin tidak masuk kerja memiliki fungsi yang penting. Salah satu fungsinya adalah untuk memberitahu pemimpin perusahaan maupun rekan kerja bahwa Anda tidak bisa masuk kerja dikarenakan suatu urusan. Dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja terdapat beberapa ciri khas yang tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang wajib Anda perhatikan. Hal tersebut karena surat ini juga termasuk kedalam surat resmi, apalagi jika Anda bekerja di instansi baik pemerintah maupun non pemerintah. Penasaran dengan apa saja ciri khas dari contoh surat izin tidak masuk kerja? Jika iya, simaklah ulasan berikut secara seksama.

Ciri Khas Penulisan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Setiap surat memiliki ciri khasnya masing – masing, begitu pula dengan surat izin tidak masuk kerja. Penasaran dengan apa saja ciri khas dari surat izin tidak masuk kerja? Tidak perlu berlama – lama lagi, berikut merupakan ciri khas surat izin untuk tidak masuk kerja yang harus Anda simak.

  1. Tuliskan Pihak yang Dituju

Dalam membuat surat izin tidak masuk kerja sangat penting untuk menuliskan pihak yang dituju. Pada umumnya pada bagian ini ditujukan untuk pimpinan perusahaan atau instansi maupun kepala divisi dimana Anda bernaung. Selain menuliskan kepada siapa surat izin ditujukan, penting juga bagi Anda untuk menyertakan alamat yang dituju.

  1. Tuliskan Identitas Pengirim Secara Lengkap

Bagian penting lainnya dari contoh surat izin tidak masuk kerja adalah kolom isian identitas diri.  Pada bagaian ini Anda harus menuliskan identitas secara lengkap termasuk jabatan Anda di instansi atau perusahaan. Hal ini tersebut sangatlah bermanfaat karena, tugas Anda sementara bisa dilimpahkan kepada sekertaris maupun rekan kerja satu tim.

  1. Tuliskan Isi Surat Secara Informatif

Isi surat ini mengandung alasan Anda tidak masuk kerja dan yang harus Anda perhatikan adalah alasan yang dibuat haruslah sesuai dengan fakta dan tidak mengada – ada. Apabila Anda tidak masuk kerja karena sakit, akan lebih baik jika Anda menyertakan surat keterangan dokter. Apabila diperlukan sertakan pula jangka waktu Anda melakukan izin tidak masuk kerja, agar pihak instansi atau perusahaan bisa mengetahui secara pasti berapa lama Anda tidak masuk kerja.

  1. Sertakan Tanda Tangan

TAnda tangan ini menjadi penting dalam surat izin tidak masuk kerja. Hal tersebut untuk memberikan kejelasan, kesahan dan keresmian dari surat yang dibuat. Apabila Anda bekerja di instansi pemerintah ataupun perusahaan besar dalam membuat surat izin tidak masuk, pada umumnya diperlukan tAnda tangan dari pihak yang mengetahui atau menyetujui izin Anda.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai contoh surat izin tidak masuk kerja yang wajib dan perlu Anda ketahui. Pastikan alasan Anda logis dan tidak mengada – ada sehingga surat izin Anda dapat diterima oleh intansi maupun perusahaan tempat Anda bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *